HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN ANGGUR


Hama penyakit memang berpengaruh besar terhadap kesuksesan budidaya tanaman. Kadangkala akibat serangan hama penyakit yang tidak terkendali menyebabkan kegagalan yang menimbulkan kerugian yang sangat besar. Untuk itu perlu diketahui hama penyakit apa saja yang biasa menyerang tanaman anggur. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat melakukan tindakan pencegahan agar hama penyakit tersebut tidak menyebar luas pada tanaman lain. Adapun hama penyakit yang biasa menyerang tanaman anggur adalah :

A.      Hama
a.    Phylloxera Vitifolia
Menyerang tanaman anggur baik muda maupun tua berakibat anggur jadi kering dan mati. Yang diserang adalah daun dan akar tanaman secara langsung. Gejala umum pada daun terbentuk bisul-bisul kecil dan akar membengkak seperti kutil. Hama ini menetap di bawah kulit batang yang terkelupas dan dalam jaringan akar.
b.    Kumbang Apogonia destructor
Bentuk kumbang kecil dan warna hitam mengkilat. Menyerang daun anggur pada malam hari dan kumbang ini mudah tertarik oleh sinar lampu.
c.    Wereng daun
Serangan wereng ini menyebabkan daun anggur berbintik putih, kemudian menjadi kuning coklat dan gugur.
d.   Kutu putih
Dapat menyebabkan pucuk/tunas menjadi kerdil.
e.    Ulat daun
Menyerang daun untuk dijadikan makanannya.
f.     Rayap
Serangan yang paling parah bila menggerogoti akar tanaman yang masih muda sehingga membuat jadi layu dan akhirnya mati.
g.    Burung, kalong, bajing dan musang
Menyerang buah yang mulai masak untuk dijadikan makanannya. Cara untuk memberantas hama anggur dilakukan dengan menyemprotkan insektisida pada bagian yang terkena serangan. Penyemprotan dilakukan secara rutin dan dihentikan menjelang masa petik. Khusus hama Phyloxera vitifolia dilakukan dengan menyiramkan insektisida di sekeliling tanaman. Penyiraman bisa dilakukan sebelum tanam, setelah tanam/setelah panen. Sedangkan untuk menanggulangi hama dari hewan besar dapat memakai jebakan.

B.       Penyakit
a.    Downy Mildew (jamur)
Gejalanya daun nampak kuning bagian bawah terlihat ada tepung warna putihkuning. Daun, bunga maupun tandan muda bisa mati bila terkena penyakit ini terutama saat musim penghujan atau kelembaban yang tinggi.
b.    Powdery Mildew
Pada permukaan daun terdapat bedak tipis putih kelabu. Menyerang pucuk, bunga dan buah muda bahkan dapat merusak ranting sehingga jadi kerdil dan rusak.
c.    Penyakit busuk hitam
Menyebabkan buah jadi keriput, busuk dan gugur.
d.   Phakospora Vitis
Daun sebelah bawah tertutup tepung berwarna orange (massa sporanya).
e.    Peronospora
Bila udara terlalu lembab jamur ini menyerang daun anggur dan dapat dikenali karena spora berwarna kuning di bawah daun. Untuk memberantas penyakit anggur dilakukan dengan menyemprotkan fungisida dengan waktu a sebelum masa berbunga, setelah berbunga dan 8-12 hari sesudah penyemprotan kedua setelah berbunga. Sedang untuk penyakit busuk hitam penyemprotan dilakukan sebelum masa berbunga, saat berbunga dan 2 minggu sebelum masa petik.



SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post